1.1. Pengertian,
Tujuan, ISD dan IPS
Ilmu
Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat, yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah
manusia. Ilmu
sosial dasar tidak merupakan gabungan dari
ilmu social dasar yang dipadukan, mengapa? Karena ilmu sosial
dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak
mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti
ilmu-ilmu sosial. Adapun
tujuan dari ilmu
sosial dasar adalah:
a. Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah
sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan
tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya
mendekatinya, mempelajarinya secara kritis dan
interdisipliner
Selain itu sumber-sumber ilmu pengetahuan
adalah philosophia (filsafat). Dari filsafat itulah kemudian lahir 3 cabang
ilmu pengetahuan, yakni:
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu
Alamiah)
b. Social Sciences ( Ilmu-ilmu
Sosial)
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)
1.2. ISD
dan IPS
Disamping pengertian serta tujuan mengenai ilmu sosial dasar serta ilmu
pengetahuaan sosial diatas terdapat perbedaan serta persamaan yang perlu
diketahui, yaitu:
Persamaan ISD dan IPS:
-
Keduanya
merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
-
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
-
Keduanya
mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial. Sedangkan;
Perbedaan ISD dan IPS:
-
Ilmu
sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan
di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
-
Ilmu
sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial
dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
-
Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial
diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
1.3. Ruang
Lingkup ISD
Berikut
bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar yang dapat dibedakan atas tiga golongan:
a.
Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat yang
secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu.
b.
Konsep-konsep
sosial dibatasi pada konsep dasar atau
elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masala-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social
c.
Masalah-masalah
sosial yang timbul didalam masyarakat biasanya
terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan.
Ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok
pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup
perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
·
Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannyadengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
·
Masalah
Individu, keluarga, dan masyarakat
·
Masalah
pemuda dan sosialisasi
·
Masalah
hubungan antara warga Negara dan Negara
·
Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat
·
Masalah
masyrakat perkotaan dan perdesaan
·
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan intgrasi
. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi
kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar