Rabu, 13 November 2013

BAB 1. PENGERTIAN, TUJUAN, ISD dan IPS



1.1.  Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat, yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia. Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan, mengapa? Karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial. Adapun tujuan dari ilmu sosial dasar adalah:
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.       Menyadari setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya, mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner
Selain itu sumber-sumber ilmu pengetahuan adalah philosophia (filsafat). Dari filsafat itulah kemudian lahir 3 cabang ilmu pengetahuan, yakni:
a.       Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah)
b.      Social Sciences ( Ilmu-ilmu Sosial)
c.       Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)


1.2.  ISD dan IPS

Disamping pengertian serta tujuan mengenai ilmu sosial dasar serta ilmu pengetahuaan sosial diatas terdapat perbedaan serta persamaan yang perlu diketahui, yaitu:
Persamaan ISD dan IPS:
-          Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
-          Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
-          Keduanya mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Sedangkan;
Perbedaan ISD dan IPS:
-          Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
-          Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
-           Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

1.3.  Ruang Lingkup ISD

Berikut bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar yang dapat dibedakan atas tiga golongan:
a.       Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
b.       Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masala-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social
c.        Masalah-masalah sosial yang timbul didalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan.

Ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
·         Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannyadengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
·         Masalah Individu, keluarga, dan masyarakat
·         Masalah pemuda dan sosialisasi
·         Masalah hubungan antara warga Negara dan Negara
·         Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
·         Masalah masyrakat perkotaan dan perdesaan
·         Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan intgrasi 
.     Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat

Sumber: 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar