Selasa, 01 November 2016

1. TUGAS SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI - PENGANTAR SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI




BAB I
Pengantar Sistem Informasi


1.      Pengertian Informasi
      Jogiyanto (2005) informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang berguna untuk para pengambil keputusan.
      Bodnar & Hopwood (2000) informasi merupakan data yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.

2.      Pengertian Sistem
     Menurut Poerwadarminta (2003) sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang berupa alat dan lain sebagainya, yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.
   Menurut Jogiyanto (2005) sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

3.      Pengertian Sistem Informasi Psikologi
    Berdasarkan pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang dimaksudkan untuk mengolah data mengenai perilaku manusia sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

4.      Contoh Kasus Sistem Informasi Psikologi
Bentuk contoh kasus sisterm informasi psikologi adalah tes intelegensi (IQ) yang dibuat secara online dalam laman Facebook. Dimana disana kita diminta untuk mengisi beberapa soal dengan pilihan ganda sebagai jawabannya. Dengan mengisi pilihan ganda yang tersedia dan menjadikan jawaban paling dominan sebagai tolak ukur hasil test, keluarlah hasil test tersebut. Hasil yang dikeluarkan memang belum teruji validitas dan reliabilitasnya namun hal tersebut merupakan salah satu contoh bahwa test psikologi bersifat fleksibel dan tidak sekolot yang banyak orang bayangkan dan test psikologi mengikuti perkembangan zaman dengan turut menggunakan sIstem informasi atau komputerisasi untuk mempermudah penggunaan alat testnya.






Daftar Pustaka:
Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2000). Sistem informasi akutansi terjemahan. Jakarta: Salemba Empat
Jogiyanto. (2005). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Poerwadarminta, W.J.S. (2003). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar